SELAMAT DATANG

Senin, 05 Desember 2011

Guru Profesional


Istilah “guru  profesional” berasal dari  kata “guru” dan“profesional.
Guru   adalah    padanan   dari    pendidik  yang    menurut  pasal 39 ayat 2  Undang-Undang Nomor 20   tahun  2003   pasal  39  ayat  2  Undang-Undang Nomor 20  tahun   2003 Merupakan tenaga professional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran , menilai hasil pembelajaran , melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.
   

Kata “profesional” merujuk kepada dua hal, yakni (1) orang yang menyandang suatu profesi, dan (2) kinerja atau performance seseorang  dalam melakukan pekerjaan yang sesuai dengan profesinya (Danim,2002:22-23)

Dengan demikian, guru profesional dalam kajian ini adalah orang yang menyandang profesi guru yang memiliki kinerja atau performance dalam melaksanakan tugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran , menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta pembimbingan dan pelatihan, serta   melakukan penelitian dan pengabdian memasyarakat sesuai dengan profesi guru, 

Menurut Mantan Mendikbud Fuad Hasan yang dikutip  Dharma ( 2008: http://www.duniaguru.com )

Di    Indonesia, Jepang, Finlandia, Amerika Serikat, dan di manapun di dunia ini  kualitas pendidikan ditentukan oleh kualitas gurunya, bukan  oleh  besarnya  dana     pendidikan  dan  juga     bukan   oleh  hebatnya fasilitas. Jika guru berkualitas baik, maka baik pula kualitas pendidikannya.


Danu mihardja (2001:39) tidak mungkin pendidikan dapat meningkatkan kualitasnya, jika tidak ditunjang oleh guru-guru  profesional  dan    inovatif.


Brand yang dikutip Gultom (2007:2) yang mengemukakan hasil studi dari pakar pendidikan menyimpulkan bahwa guru merupakan faktor kunci yang paling menentukan dalam keberhasilan pendidikan dinilai dari prestasi belajar siswa.

Gibson yang dikutip Danim (2002:145) hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan penelitian sekolah dalam meningkatkan kualitas lulusannya sangat dipengaruhi oleh kapasitas kepala sekolahnya, di samping adanya guru, yang kompeten di sekolah itu.


10 Ciri Guru Profesional

1. Selalu punya energi untuk siswanya
Seorang guru yang baik menaruh perhatian pada siswa di setiap percakapan atau diskusi dengan mereka. Guru yang baik juga punya kemampuam mendengar dengan seksama.

2. Punya tujuan jelas untuk Pelajaran
Seorang guru yang baik menetapkan tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran dan bekerja untuk memenuhi tujuan tertentu dalam setiap kelas.

3. Punya keterampilan mendisiplinkan yang efektif
Seorang guru yang baik memiliki keterampilan disiplin yang efektif sehingga bisa  mempromosikan perubahan perilaku positif di dalam kelas.

4. Punya keterampilan manajemen kelas yang baik
Seorang guru yang baik memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan dapat memastikan perilaku siswa yang baik, saat siswa belajar dan bekerja sama secara efektif,  membiasakan menanamkan rasa hormat kepada seluruh komponen didalam kelas.

5. Bisa berkomunikasi dengan Baik Orang Tua
Seorang guru yang baik menjaga komunikasi terbuka dengan orang tua dan membuat mereka selalu update informasi tentang apa yang sedang terjadi di dalam kelas dalam hal kurikulum, disiplin, dan isu lainnya. Mereka membuat diri mereka selalu bersedia memenuhi  panggilan telepon, rapat, email dan sekarang, twitter.

6. Punya harapan yang tinggi pada siswa nya
Seorang guru yang baik memiliki harapan yang tinggi dari siswa dan mendorong semua siswa dikelasnya untuk selalu bekerja dan mengerahkan potensi terbaik mereka.

7. Pengetahuan tentang Kurikulum
Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan mendalam tentang kurikulum sekolah dan standar-standar lainnya. Mereka dengan sekuat tenaga  memastikan pengajaran mereka memenuhi standar-standar itu.

8. Pengetahuan tentang subyek yang diajarkan
Hal ini mungkin sudah jelas, tetapi kadang-kadang diabaikan. Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan yang luar biasa dan antusiasme untuk subyek yang mereka ajarkan. Mereka siap untuk menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan menarik bagi para siswa, bahkan bekerja sama dengan bidang studi lain demi pembelajaran yang kolaboratif.

9. Selalu memberikan yang terbaik  untuk Anak-anak dan proses Pengajaran
Seorang guru yang baik bergairah mengajar dan bekerja dengan anak-anak. Mereka gembira bisa mempengaruhi siswa dalam kehidupan  mereka dan memahami dampak atau pengaruh yang mereka miliki dalam kehidupan siswanya, sekarang dan nanti ketika siswanya sudah beranjak dewasa.

10. Punya hubungan yang berkualitas dengan Siswa 
Seorang guru yang baik mengembangkan hubungan yang kuat dan saling hormat menghormati dengan siswa dan membangun hubungan yang dapat dipercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar